16 Dosen UGJ Ikuti Sertifikasi Metodelogi Rewiever Penelitian Nasional Bersama Quantum HRM Internasional

Jumat, 16 Desember 2022                                                                                                                                      Oleh: Saian Badaruddin, M.Pd

Cirebon – Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) melalui Lembaga Penelitian UGJ bekerjasama dengan HRM Quantum Internasional memfasilitasi kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Metodelogi reviewer Penelitian Nasional guna meningkatkan kualitas dan kompetensi para DosenUGJ untuk menjadi Reviewer Penelitian Nasional dan Internasional. Kegiatan Pelatihan Ini dilaksanakan Pada Hari Senin 5 Desember 2022 sampai Hari Rabu 7 Desember 2022 Secara Daring menggunakan plaform Zoom meeting yang di fasilitasi Oleh Quantum HRM Internasional. Setelah mengikuti Pelatihan selama tiga Hari berturut-turut ke 16 Dosen ini mengikuti Ujian Sertifikasi Pada Hari Kamis, 8 Desember 2022.

Adapun 16 Orang Dosen yang mengikuti kegiatan ini yaitu, Prof. Dr. Ir. Achmad Faqih, S.P., M.M. dan Dr. Tety Suciaty, Ir., M.P dari Fakultas Pertanian, Kemudian Dr. Anggita Maharani, M.Pd., Ferry Ferdianto, S.T., M.Pd., Hendriwanto, M.Pd., Dr. Misdi, S.Pd., M.Pd, Dr. Muchamad Subali Noto, S.Si., M.Pd. , Setiyani, M.Pd., MCE, dan Wahyu Hartono, M.Si.  dari Fakultas Pendidikan dan Sains, Selanjutnya Prof. Dr. Ida Rosnidah, S.E., M.M., Ak., CA, Prof. Dr. Suherli, M.Pd., dan Dedi Muhammad Siddiq, SHI., M.A., MDP., PG.Dip., Ph.D., CIPA, Dr. Kartono, S.E., M.Si., dari Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Endang Sutrisno, S.H., M.Hum. dari Fakultas Hukum, Kemudian Siti Khumayah, S.E., S.H., M.Si. dan Dr. Farida Nurfalah, S.Sos., M.Si  dari Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Quantum HRM Internasional ini sangat ketat dan selektif, bahkan para peserta tidak mendapatkan rekaman zoom selama kegiatan lokakarya, hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri agar para peserta lebih fokus selama proses pelatihan berlangsung. Ketika Lokakarya berlangsung, peserta hanya diberikan kesempatan bertanya kepada narasumber yang dipandu oleh Moderator secara terstruktur.

Pelaksanaan kegiatan ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ir. Pribadiyono, M.S sebagai Founder dari Quantum HRM Internasional dan difasilitasi oleh beberapa fasilitator nasional yang merupakan praktisi dan akademisi, seperti peneliti dari BRIN, dosen PTN dan praktisi yang memberikan materi dalam beberapa sesi, adapun fasilitator dalam kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc. menyampaikan materi mengenai Peran Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dalam Penjaminan Mutu Penelitian dan Hilirisasinya. Selanjutnya Prof. Dr. Ir. Pribadiyono, M.S menyampaikan materi mengenai Penerapan Standar SNI ISO/IEC 17024:2012 dalam Pengembangan Kompetensi Reviewer Penelitian dan Pengantar Metodologi Reviewer Penelitian Nasional. Selanjutnya Prof. Ir. Suminar Setiati Achmadi, Ph.D. menyampaikan materi tentang Standar Nasional Penelitian dan Pengelolaan Penelitian Berbasis Output dan Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XIII Revisi.

 

Kemudian pada hari kedua di fasilitasi oleh Prof. Dr. Ir. Tien R. Muchtadi, M.S. menyampaikan materi mengenai Etika dan Kriteria Penugasan Reviewer Penelitian dan Risk Assessment (Manajemen Risiko Reviewer Penelitian). Pada sesi sore dilanjutkan oleh Dr. Eng. Hotmatua Daulay, M.Eng., B.Eng. dengan materi Pengukuran dan Penetapan Tingkat Kesiapterapan Teknologi Serta Roadmap Penelitian dan Format dan Teknik Penelitian Proposal Flagship Terintegrasi. Dan ditutup oleh Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, Ph.D., M.Eng., B.Eng. dengan materi Strategi Penilaian Prototype Hasil Penelitian: Dari Riset Menuju Komersial dan Teknik Penulisan Proposal "didanai-able".

Pada hari Ketiga difasilitasi oleh Prof. Dr. Ir. Pudji Muljono, M.Si. dengan materi Teknik Penyusunan dan Pengusulan Proposal Penelitian, Teknik Penyusunan Rencana Anggaran Biaya Proposal Penelitian, dan Teknik dan Praktik Mereview Proposal Penelitian. Untuk sesi sore disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Aris Purwanto, M.Sc. dengan materi Teknik Penilaian Proposal Penelitian dan Penelusuran Penelitian Sebelumnya, Teknik Penilaian Pelaksanaan Penelitian/ Monitoring Evaluasi, dan Teknik Penilaian Keluaran Penelitian (Penelitian Dasar, Terapan, dan Pengembangan).

Selama Sesi tiga hari dengan para pakar dan praktisi tersebut kami manfaatkan pula untuk mengembangkan jejaring, serta meminta kesediaan mereka untuk menjembatani UGJ kepada akses kepada sumber daya riset. Hampir semuanya menyatakan kesediaannya untuk dimintai bantuan terkait dengan pengembangan riset di UGJ ungkap Dedi Muhammad Siddiq, SHI., MA., MDP., PGDip., PhD.  Sebagai Plh Kepala Lembaga Penelitian dan salah satu dari peserta sertifikasi tersebut. Selanjutnya Dedi berharap Sebagai salah satu upaya meningkatkan kinerja kerjasama antara UGJ dengan industri, maka UGJ menginisasi adanya MoU antara UGJ dengan Quantum HRM Internasional, yang wujud aktivitasnya telah terimplementasi, yakni sertifikasi kompetensi.

Pada pelaksanaan ujian sertifikasi kompetensi, yang terdiri dari 5 bidang kompetensi, ada 3 orang dosen UGJ yang masih belum melewati passing grade, sehingga perlu mengikuti remediasi. Remediasi ini diselenggarakan sekitar 2 minggu setelah pelaksanaan ujian. Hal ini menunjukan bahwasanya kegiatan ini benar-benar efektif dan kredibel dalam menciptakan seorang calon reviewer yang memiliki kredibelitas yang tinggi.

Dari hasil kegiatan ini untuk para dosen yang telah dinyatakan kompeten dan telah memiliki pendidikan S3 akan mendapatkan sertifikat kompetensi. Penyerahan sertifikat tersebut diperkirakan memerlukan waktu sekitar 2 minggu. Bagi dosen yang saat ini masih menjalani pendidikan S3, maka sertifikat tersebut akan diserahkan setelah yang bersangkutan menyelesaikan studi S3 dan menunjukkan ijasah S3 ke Quantum HRM Internasional.