Lembaga Penelitian UGJ adakan Coaching Clinic I Penyusunan LPJ Keuangan Hibah BIMA

Sehubungan dengan makin dekatnya deadline Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Hibah Riset BIMA Kemdikbudristek 2022, Lembaga Penelitian UGJ melakukan Coaching Clinic I Penyusunan LPJ Keuangan Hibah BIMA dengan mengundang H. Budi Agung Prasetya, S.Pd., MM., CRP sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut.

Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui Zoom pada hari Sabtu, 12 November 2022 dengan menghadirkan seluruh ketua tim dan anggota Penerima Hibah Penelitian BIMA tahun 2022. Acara ini dibuka langsung oleh PlH. Kepala Lembaga Penelitian (Lemlit) UGJ, Dedi Muhammad Siddiq, SHI., MA., MDP., PGDip., PhD. Dalam sambutannya, Dosen Magister Manajemen (MM) Pascasarjana UGJ ini menyampaikan bahwa fakta bahwa UGJ mendapatkan 6 proposal Hibah Riset Multi Year dan menjadi salah satu kampus yang mendapatkan Hibah terbanyak di Wilayah LLDIKTI IV, merupakan kenyataan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan.  “Artinya tahun depan, keenam tim peneliti ini harus mendapatkan kembali dana di tahun kedua,” imbuh PhD (Doctor of Philosophy) lulusan Macquarie University Sydney ini.

Acara dipandu oleh pembawa acara Afidah Wahyuni, SE ini dilanjutkan dengan paparan oleh Narasumber Budi Agung. Dalam paparannya, Budi menjelaskan pelaporan LPJ sesuai standar Kemendikbuddikti serta kesesuaian dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang berlaku, yang merupakan satu hal yang paling penting dan harus dicermati dengan baik dalam pelaporan LPJ. “UGJ harus berhati-hati bahwasanya laporan skema Hibah Internal tentunya berbeda dengan Laporan dengan penggunaan anggaran negara, kesesuaian serta aturan-aturan baku harus kita ikuti sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya

Dalam paparannya auditor yang sedang menyelesaikan pendidikan S3 nya di Universitas Negeri Jakarta ini juga memberikan paparan terkait penyusunan log book yang harus sinkron dengan laporan keuangan. Lebih lanjut, pria asli Bandung yang beristri Wong Cirebon ini memberikan tips dan trik dalam menyusun pelaporan agar tidak terjadi banyak revisi yang berujung ditolak oleh reviewer atau auditor keuangan Kemdikbudristek.

Antusiasme para peserta pun cukup tinggi untuk mendengarkan pelatihan dan terjadi interaksi pada setiap item yang dibahas. Dari kegiatan ini muncul kesepakatan bahwasanya kedepan baik skema internal maupun eksternal UGJ sudah punya acuan standar LPJ keuangan yang cukup baik. Dalam sambutan penutupnya PlH Kepala Lembaga Penelitian menyampaikan arahan dan harapan agar semua Tim Peneliti dan anggota yang hadir bersedia membagikan pengetahuan yang diperoleh kepada rekan-rekan sejawat lainnya.

Oleh : Saian Badaruddin, M.Pd