60 Tim Peneliti Dosen UGJ Terima Insentif Publikasi Ilmiah Semester Pertama 2021/2022

Sehubungan telah ditutupnya pengajuan Insentif Publikasi ilmiah (IPI) pada bulan Maret 2022 dan telah selesainya tahapan validasi dan seleksi, maka pada Jumat 8 April 2022 Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) melaksanakan penyerahan insentif publikasi ilmiah kepada para dosen yang mengajukan IPI di periode semester pertama 2021/2022. Acara rutinitas Lemlit tiap semester ini dihadiri oleh 65 orang peserta dari kalangan dosen yang mendapatkan IPI dan staff Lemlit. Untuk semester ini, 60 tim peneliti dosen mendapatkan IPI dengan pengajuan jurnal internasional sebanyak 8 artikel, jurnal nasional terakreditasi 27 artikel, jurnal pengabdian 4 artikel, prosiding internasional 2 artikel, buku ber ISBN 11 buku, Letter of Acceptence (LoA) 2 artikel dan biaya konfrensi internasional 6 konferensi.

Dengan diawali pembacaan do’a oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan, Dedi Muhammad Siddiq, SHI., MA., MDP., PGDip., PhD, acara yang diselenggarakan di kampus utama UGJ ini dibuka secara resmi oleh kepala Lemlit UGJ, Dr. H. Amran Jaenudin, Ir., MS. Dalam sambutannya Kepala Lemlit menyampaikan bahwa bantuan pendanaan IPI ini dimaksudkan untuk memotivasi para dosen dalam melaksanakan publikasi hasil penelitinnya karena penelitian merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh seorang dosen. Selanjutnya Doktor lulusan Universitas Padjajaran ini mengatakan, UGJ melalui lembaga penelitian (Lemlit) UGJ setiap tahunnya memberikan bantuan publikasi kepada seluruh dosen di lingkungan UGJ. “Pada tahun 2022 ini pendanaan bantuan IPI yang diberikan sebesar 200 juta lebih. Selain bantuan publikasi, Lemlit UGJ juga memberikan bantuan kepada para pengelola jurnal yang ada di lingkungan UGJ. Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas jurnal” katanya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Bidang Publikasi dan Jurnal, Ida Setya Wahyu Atmaja, SP., MSi terkait informasi IPI pada semester ini. Kegiatan ditutup langsung oleh Ida dengan mendistribusikan IPI kepada seluruh dosen yang hadir di ruangan.

 

Oleh: Saian Badaruddin, M.Pd dan Dedi Siddiq, PhD