Bidang Penelitian UGJ Melejit, Raih Peringkat 152 Klaster Utama

Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menempati peringkat 152 masuk dalam Klaster Utama dari 1977 jumlah Perguruan Tinggi se-Indonesia, dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016-2018, berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Prestasi membanggakan yang diraih UGJ ini tertuang dalam Surat Keputusan nomor B/5678/E1.2.H.M00.03/2019 tanggal 13 November 2019, tentang Klaster atau pengelompokkan Perguruan Tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016-2018 yang masuk Klaster Mandiri, Utama, Madya dan Binaan.

Masuk ke dalam Klaster Utama dengan peringkat 152 merupakan lompatan dan prestasi luar biasa yang diraih UGJ, dari yang sebelumnya masuk kategori Klaster Perguruan Tinggi Binaan dengan peringkat ke 192. Pada pemeringkatan yang dilakukan Dirjen Pengrisbang, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di ahir tahun 2019 ini, UGJ melompati ratusan Perguruan Tinggi binaan dan 479 Perguruan tinggi Klaster Madya.

Sesuai keputusan pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016-2018, Dirjen Pengrisbang, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi terdapat 47 Perguruan Tinggi Klaster Mandiri, 146 Perguruan Tinggi Kaster Utama, 479 Perguruan Tinggi Klaster Madya dan 1305 Perguruan Tinggi Klaster Binaan.

Plt. Direktur Sistem Riset dan Pengembangan Ocky Karna Radjasa, menyampaikan penghargaan yang setingging-tingginya atas kerja keras yang telah dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan predikat tertinggi selalu berupaya untuk dapat mempertahankannya, dan Perguruan Tinggi yang masih belum mendapatkan kinerja tertinggi untuk terus berusaha meningkatkan kinerjanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Dr.H. Mukarto Siswoyo, Drs. M.Si, melalui Kepala Lembaga Penelitian UGJ Drs. H. Acep Komara, SE, M.Si mengatakan, hasil dari pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis penelitian ini sangat membanggakan. Pihaknya merasa bersyukur atas hasil penilaian Dirjen Pengrisbang, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang menempatkan UGJ masuk dalam Klaster Utama dengan peringkat 152.

“Kami segenap sivitas UGJ merasa bersyukur, atas raihan pemeringkatan bidang penelitian yang melonjak naik dari semula Klaster Binaan kini masuk menjadi Klaster Utama. Terimakasih atas kinerja dan kerjasama para dosen dan pimpinan Universitas, terutama Pak Rektor UGJ atas arahan, motivasi dan pembinaan yang diberikan kepada Lemlit. Terkhusus rasa terimakasih juga kami sampaikan kepada Ketua Yayasan, karena atas bimbingan, arahan dan suportnya Alhamdulillah raihan prestasi bidang penelitian meningkat. Ini sekaligus tantangan buat kami agar ke depan dapat terus lebih baik,” kata Acep Komara.